Kamis, 22 Mei 2014

Semester Pendek : untuk pertama dan terakhir kalinya

Semester lima sudah berakhir dan Alhamdulillah happy ending. Dan sekarang saatnya melaksanakan tanggung jawabku dan menebus dosaku ke orang tua karena nilai C di mata kuliah Akuntansi Manajemen.  Akhirnya diputuskan untuk mengambil 2 mata kuliah untuk semester pendek : Akuntansi Manajemen dan Makro Ekonomi. Makro ekonomi sebenernya udah dapet nilai B, tapi menurut pengalaman dari temen yang ambil SP semester kemarin, nilainya bisa berubah jadi A. Oke, Bismillah, semoga bisa berubah jadi A juga. Dengan IPK ku sekarang, sebenernya udah bisa dibilang “memuaskan” tapi gimana pun juga, aku udah janji ke orang tua buat memperbaiki nilai C yang aku dapet. Iya itu adalah salahku karena udah lalai menjalankan kewajibanku dengan benar dan memberi nilai bagus ke orang tua.

Akuntansi Manajemen (Akmen)

Dosennya adalah Bu Indira. Denger-denger dari senior, beliau ngajarnya enak, cuma kalo masalah nilai memang objektif. Setiap pertemuan dapet tugas resume 1 bab dan menjawab soal-soal latihan yang ada di buku, biasanya sekitar 4 nomer. Sistem mengajarnya adalah Bu Indira mereview materi secara sekilas dan kemudian dilanjutkan dengan membahas soal yang dijadikan sebagai tugas. Untuk keaktifan menjawab soal, mendapat bobot 30% dari nilai akhir.
Luar biasa sekali. Setiap malamnya aku baru tidur sekitar jam 12 atau jam 1 malam untuk ngebut tugas resume dan menjawab soal-soal. Padahal biasanya jam 9 malam aku sudah tertidur nyenyak. Untuk satu pertemuan biasa nya sampai membutuhkan 2 folio untuk mengerjakan tugas tersebut.

Makro ekonomi

Dosennya adalah Bu Tri dan Pak Darwanto. Menurut temen-temen, tipe soal ujian Bu Tri adalah materi yang disampaikan beliau selama ada di kelas. Jadi ….. aku memutuskan untuk SELALU duduk paling depan dan fokus untuk mencatat materi dari beliau. Beliau ngajarnya juga enak banget, mudah dipahami.

Nah, ketika mulai rolling ke Pak Darwanto, aku memutuskan untuk berpindah tempat duduk mundur ke baris ke 3. Karenaaaa … Pak Darwanto ga jelas waktu nerangin, dominan textbook banget. Dan parahnya Pak Darwanto paling hobi buat nge-PHP in mahasiswa. Aku pernah udah 2x berangkat ke kampus pagi, eeehh ternyata ZONK! Kelas mendadak kosong dan diganti sore jam 4. Tega banget T__T

UAS

UAS makro ekonomi susah bangeeeett, jumlah soal nya ada baaanyaakk. Kalo ada yang bener-bener selesai ngerjain semua nomor, dapat dipastikan bahwa dia adalah ANAK AJAIB. Untuk UAS Akmen …. emm lumayanlah. Alhamdulillah bisa kejawab semua, ga tau deh itu bener apa enggak, hanya berusaha mengingat ingat materi yang udah dipelajarin semalem.

Oh ya, sewaktu UAS Makro ada kejadian lucu. Jam untuk UAS makro, bertepatan banget sama pengisian KRS. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa sepanjang sejarah perkuliahan anak ekonomi UNDIP, detik-detik pengisian KRS adalah momen yang amat penting, menentukan nasib 1 semester ke depan.

Nah ceritanya sewaktu jam menunjukkan jam 8.30, hampir semua hp di dalam kelas berbunyi. Ada suara line, whatsapp, sms, telpon, bener-bener rame banget. Ini pasti tanda-tandanya kalo perang pengisian KRS udah dimulai. Yasudah laaah, aku pasrah aja. Nasib KRS ku udah aku titipin ke Dila, semoga Allah mempermudah semua nya :”)


Nb : akhirnya nilai SP udah keluar, Akmen Alhamdulillah nilai nya bisa berubah dari C ke A. Tapi …. nilai makro ku tetep aja jadi B. Ternyata nilai makro anak-anak sekelas emang maksimal dapet B, ga ada yang dapet A, bahkan ada beberapa anak yang dapet D. Huhuhuhu, sediiihhh.  

0 komentar:

Posting Komentar