Kamis, 30 Desember 2010

Soscare - Sebuah Pelajaran Hidup

Kelompok ku kebagian soscare di panti asuhan Al-barokah di daerah pamularsih. Dan ternyata ada 24 anak IPA9 yg dapet di panti asuhan Al-barokah. Jadi kesimpulannya, aku berasa kaya pindah tempat aja, temen2nya tetep sama, cuma tempat ngumpulnya aja yg beda. Beehh.

Senin, 27 Desember 2010
Dari rumah aku berangkat jam 07.45, padahal jam kerjanya dimulai jam 08.00. Aku emang sengaja buat dateng mepet2 karena tempat pantinya ga terlalu jauh dari rumahku, yah lumayan santai lah, lagian palingan ntar juga pada ngaret.

Dan ternyata dugaan ku salah. Waktu sampe panti, anak2 cowok udah pada dateng. Tinggal nungguin beberapa anak cewek aja. Di ruang utama, para anak asuh panti yang mayoritas anak balita dan beberapa org mbak2 yg mungkin sebaya sama kami, udah pada ngumpul.

Ga beberapa lama, Pak Suyono, bapak ketua panti, ngadain acara pembukaan yg dilanjutkan dg doa bersama. Aku bener2 merinding waktu denger para bocah2 itu yg rata2 masih SD kelas 2 dan TK, secara refleks membimbing kami untuk mengamini doa yg sedang dibacakan.
" Amin Ya Allah, Amin Ya Allah, Ya Robal Alamin " *diucapkan dengan alunan nada*
Subhanallah ... Aku ngerasa takjub banget.

Selesai acara pembukaan+doa, kami bingung mau ngapain. Akhirnya kami cuma main2 ga jelas sama bocah2 itu. Aku bener2 parno kalo ngeliat anak2 kecil cowok yg nakalnya ga ketulungan. Ada 3 anak kecil yg paling nakal : Basit, Damar, sama Surya. Kalo Basit tuh anaknya hiperaktif bgt, ngaku nya udh bisa nulis alfabet, eehh ternyata waktu di tes, nulis F aja kebalik -___-. Damar tuh sbenernya wajahnya manis bgt (hitam manis gitu), pipinya tembem kaya bakpao dan yang bikin aku iri, bulu matanya lentik bgt. Kalo Surya tuh paling jorok. Ingusnya tu loh gak pernah dilapi, udh gitu meler kemana-mana. Dan parahnya lagi, selama 3 hari soscare di panti, nih anak ga pernah ganti baju. Yg jd pertanyaan kami adalah : " Ini anak ga pernah mandi ato ga pernah ganti baju sih? Padahal anak2 yang lain bajunya ganti terus loh. -___-" Oh iya, aku dapet informasi ternyata Surya tuh sebenernya bekas anak jalanan yg kena razia polisi. Terus akhirnya polisi itu nitipin Surya ke panti. Pantesan aja nakal banget. Ckck


Basit

Daripada badanku digencet-gencet sama anak2 kecil cowok, akhirnya aku mainan sama anak cewek umur 2 tahun, namanya Cahaya sama Sasa. Iihhh, lucu bgt deh. Dan tiba2 para cewek pada heboh waktu seorang anak laki2 yg berumur 5 tahun masuk ke dalam ruangan. Buset nih anak cakep bgt! Namanya Nadem,dia keturunan pakistan loh. Wow wow wow. Dan ada juga si pipi temben : Dondon (nama aslinya Romadhon). Nih anak lincah bgt, tapi susah buat dideketin. Cuma Ikal yg bisa memenangkan hati Dondon hari itu. Congrats ya kal, haha :D


Nadem

Setelah itu, mbak2nya yang udah gede, nawarin kita buat diajarin rebana-an. Wow, boleh juga tuh. Cowok2 nyiapin alat2nya. Dan setelah siap, alat2 rabana nya langsung menjadi sasaran empuk si bocah2 itu. Mereka main seadanya, secara spontan tanpa ada teknik yg jelas. Waktu Ruci iseng2 mainin salah satu alat, tiba2 si Damar nyamperin. Dia berusaha ngajarin Ruci main alat itu, ternyata Damar lumayan ahli juga loh pdhal dia masih TK kecil. Kalo Ruci salah, Damar langsung ngebentak-bentak Ruci habis2an. Hahaha, lucu bgt deh ngliat adegan ini.

Sekitar jam 12, ibu panti nya nyuruh kami buat makan siang. Kami bener2 bingung mau nerima ato nggak. Kami kan ber-24 orang, takutnya ntar malah ngrepotin kalo tiap hari numpang makan siang di panti.

Prita : "Bu, besok2 ga usah disiapin makan siang aja. Kami takut kalo ngrepotin."
Ibu panti : "Ya kalo mau makan silahkan, kalo enggak ya gapapa. Yang pentingkan makanannya udah disiapin."

Nada bicaranya ibunya tuh ga enak banget. Kesannya tuh KAMI GA MAU MAKAN DI PANTI, kan kami cuma ga mau ngrepotin aja.
Dan akhirnya kami pulang dengan perasaan ga enak. Kata Prita yang pulang paling akhir, ibu pantinya bener2 bete sama kami hari ini. Kelihatannya mereka udah masakin buat kami, tapi kami malahan ga mau makan. Dan parahnya lagi, KAMI LUPA BUAT BERSIH2 SEBELUM PULANG. Duh duh duh, kayanya hari ini kami cuma bisa ngrepotin doang deh :(

Selasa, 28 Desember 2010
Hari ini rencana nya kami mau ngajak bocah2 buat mewarnai. Mereka seneng bgt. Kami juga sekalian nyumbangin crayon buat mereka. Setelah selesai mewarnai, masing2 anak dikasih Mr. Jussie, susu rasa buah.

Yg selesai pertama adalah Dondon. Bentuknya bener2 abstrak, ga jelas bgt. Cuma coret sana-sini pake crayon warna biru di kertas gambar, bisa disebut sbg pewarnaan teknik benang kusut. Hahaha, namanya juga anak kecil. Abis itu yg selesai Citra. Ini juga aneh bgt. Masa burung, langit sama tanah warna nya ijo2 semuanya? Parah parah, haha.

Waktu lagi duduk santai2, Nadem ngajakin buat nggambar. Akhirnya Lafita berbaik hati nggambarin sebuah pohon kelapa. Oh iya, ternyata si Nadem anaknya gampang banget mutung, dia jg sering protes.

Nadem : "Mbak iki wit klopo ne kobongan ya?" *mbak ini pohon kelapanya kebakaran ya?*
Lafita : "Lho orak, ngosek to. Iki gambar e durung dadi." *enggak. Sebentar ya ini gambarnya belum jadi*
Nadem : "Loh wit klopo kudu ne pucuk e lancip to ya !!" *loh pohon kelapa kan harus nya lancip*
Lafita : "Yo iki lho." *ya ini lho*
Nadem : "Iki helikopter mbak?" *Ini helikopter mbak?*
Lafita : "Lah mau jarene dikon lancip pucuke? Iki kan godonge." *lha tadi kata mu harus lancip? Ini tuh daunnya*
Nadem : "Ning kene ono laut e." *disini ada lautnya*
Prita : "Loh laut kan warna ne biru to ya, mosok abang?" *loh lautkan warnanya biru, bukan merah*
Nadem : "Ora iso ! Aku seneng e abang og." *ga bisa! Aku kan sukanya warna merah*
Prita : "Oh yoyo." *oh yaya*
Nadem : "Ini ono wong e jik renang, ketok susu ne." *Ini ada orang lagi renang, keliatan susu nya*
Aku, Lafita, Prita : "Hah?!!"
Nadem : "Iki kan wong wedok ijik wudo." *ini cewek lagi telanjang*
Prita : "Hush! Kamu tau kaya gitu darimana?"
Nadem : .....

Oh iya, si Nadem sempet 'terpesona sesaat' dg karet behel ku ini loh.
Nadem : Mbak kuwi opo to? Ono opo ne?
Aku : "Mmm. Ada deh."
Ane : "Itu permen kok."
Nadem : "Permen apa? Permen karet?"
Ririn : "He'e."

Abis itu acara dilanjutkan dengan bikin coklat. Kami ngajarin mbak2nya cara bikin coklat. Karena daya tampung dapur panti yang terbatas, akhirnya cuma beberapa anak yg ikut bikin coklat.
Anak2 yg lain pada nyiapain kue buat surprise Cis karena hari ini dia ulang tahun. Hepi birthday ya Cis :)

Dan sebelum pulang kami bersih2 dulu biar kejadian kemarin ga terulang lagi (red:ibu panti nya bete).

Rabu, 29 Desember 2010
Rencananya hari ini mau ngajakin bocah2 buat main mainan tradisional. Kami udah nyiapin sprentel dari karet, bola bekel, sama dakon. Tapi baru dipake sebentar aja, sprentel nya udah lgsg jadi ancur gara2 ditarik sana-sini sama bocah2.

Acara pertama adalah bikin origami. Aku juga ikut2an bikin burung loh dan akhirnya bisa juga, haha.

Hari ini si firsty seneng bgt ngegodain Anggi. Dan kami baru sadar kalo suaranya Anggi tuh cempreng bgt. Hahaha. Lucu bgt deh kalo denger dia teriak2 digodain firsty.

Karena ga ada kerjaan, aku, fisty, ririn sama rosma diajakin jalan2 sama Azizah dan Harnum ke sekolah mereka. Buset dah, jauh amat. Aku sama ririn sampe keringetan dan tergopoh-gopoh. Mana siang itu panas bgt pula. Hadeehh.

Waktu sampe panti, ternyata ruang utama udah kinclong. Temen2 yg lain juga lagi nongkrong di depan. Ya udah deh aku ikut duduk di depan sambil nemenin Anggi mainan dakon. Eehh abis itu Nadem ikutan gabung juga. Mereka sempet berantem : Nadem si Mutung versus Anggi si Cempreng. Senjata utama nya Nadem adalah ngebentak-bentak, kalo senjatanya Anggi adalah teriak2 dg suara cemprengnya. Waahh seru bgt deh, hehe.

Aku : "Nanti kecik nya disimpen ya. Besok kan mbaknya udah ga disini lagi."
Anggi : "Loh nanti kalo mbaknya pada pergi, Anggi mainnya sama siapa aja?" (unyuuu ... Aku kasian bgt denger Anggi blg gitu >.<) Aku : "Kan ada Cahaya, Nadem, Azizah." Anggi : "Tapi Nadim nakal og." Aku : "Ya besok kalo Nadim nakal lagi, dimarahin aja." Tiba2 aja Damar dateng dan ngrengek minta susu. Damar : "Loh mbak, kuwi untu ne ono apa ne to?" *mbak itu giginya ada apa nya sih?* Aku : "... Ada deh." Nadem : "Kuwi ki permen karet yo." *itu permen karet kok* Hahaha. Ternyata Nadem masih inget sama omonganku kemarin. Bener2 cerdas nih anak ! Haha. Oh iya, tadi kan temen2ku yg cowok lagi muter dvd, tiba2 aja si Nadem teriak : " Ojo diulang-ulang to film e. Mengko kaset e yayasan rusak. " *Jangan diulang-ulang filmnya. Nanti kaset dvd punya nya yayasan rusak.*

Buset dah. Walopun dia masih TK kecil, dia udah bisa mikir sampe sejauh itu. Hebat bgt ya? Ckck.

Dan sebelum pulang, aku ngeliat Damar sama Surya lagi tiduran di ruang utama sambil nyanyi2 gitu. Ayo tebak mereka nyanyi apa? Mereka SOLAWATAN boo ... Iihhh wow !

Sewaktu pamitan pulang, aku dikasih burung origami warna pink dari Anggi. Wah makasih ya. Aku jadi ngerasa berat deh kalo bsk pisah. Hiks :(


Anggi

Kamis, 29 Desember 2010
Cowok2 hari ini mau ngebantuin ngangkat pasir di bangunan yayasan yang lagi dlm proses pembangunan. Akhirnya cewek2 ikutan ngumpul di bangunan itu. Karena bingung mau ngapain, ada beberapa anak cewek yg ngebantuin ngangkat pasir. Tapi aku enggak dong ! Hehe. Cewek2 yang lain cuma bertugas buat ngasuh anak :D

Waktu Basit rebutan mainan sama Damar, Damar mau ngadu ke mbaknya.
Damar : "Mbaakkk ... Basit ga mau gantian mainnya."

Tiba2 Nadem langsung nyaut.
Nadem : "Siittt ... Mainannya gantian karo Damar."

Dan waktu Anggi ngerusakin mainan, Nadem langsung marah2.
Nadem : "Ojo dirusakke to Nggi !"
Nadem pun langsung berjalan ke arah mainan itu dan langsung ngebenerin mainan itu.

Ya Allah ... Ini anak bener2 dewasa bgt. Unyuuu ... Udah cakep, pinter, dewasa lagi. Pengen ngadopsi buat dijadiin adek deh.

Setelah cowok2 selese ngangkat pasir, kami kembali lagi ke bangunan panti utama. Ehh ternyata Diyuk udah dateng sambil bawa bahan2 buat bikin es buah plus bergedel nasi kuning. Yup ! Kami ngadain acara makan2 bareng. Lauknya adalah nasi kuning dan es buah.

Aku dan beberapa cewek ngebantuin buat bikin es buah. Tugasku adalah ngupas bengkoang. Wah ternyata susah bgt ya ... Aku ga bisa nih :3

Sekitar jam 12, sebelum makan Pak Yono ngadain acara penutupan. Ini adalah hari terakhir kami disini. Aduuhh jadi sedih bgt nih. Pasti nanti bakalan kangen sama Anggi, Dondon, Sasa, Nadem sama Cahaya. Huwaaa .. Jadi ga pengen pulang nih :(

Setelah acara penutupan, es buah sama nasi kuning pun menjadi menu utama. Kami makan bareng2 sama semua anak2 panti. Sumpeh aku laper bgt nih, hehe. Oh iya bentuk nasi kuningnya unyu bgt loh. Lha kok? Iyalah, nasi kuningnya dicetak jadi bentuk beruang, wkwk. Maklumlah, mayoritas anak panti kan anak2 kecil semua, jadi biar tambah nafsu makan waktu ngeliat bentuk yg unyu itu :p

Abis itu aku, Ririn, Cis, Firsty sama Rosma ngebantuin buat nyuci piring dan gelas di dapur. Yah setidaknya kami harus tanggung jawab buat nyuciin itu semua. Masa kita cuma ngrepotin doang? Apalagi ini kan detik2 terakhir, jgn sampe kami meninggalkan kesan terakhir yang buruk di panti ini :)

Sekitar jam 12.30 kami pun pamitan pulang. Terima kasih ya karena telah memberi kami sebuah pelajaran hidup yang sangat ber-arti :)

Nb: Foto2 menyusul karena ada di kamera nya Prita

1 komentar:

muhamad farikin mengatakan...

ceritanya menarik mbk, tapi masih ada yang perlu diralat masalah nama, masalah ibu panti.hehe

Posting Komentar