Senin, 02 Agustus 2010

Mendadak Bimbang

Haduh .... Bingung bingung bingung. Kemarin aku udah bener2 memantapkan hati buat masuk kedokteran, udah menanamkan semangat 45 yg selalu berkobar, udah selalu berdoa setiap detik moga2 aku dapet suatu ke-bejoan bisa ketrima di FK, udah merajinkan diri buat belajar tiap malem khusus nya pelajaran biologi. Tapiiii, secara tak terduga, tadi malem ibu ku bercerita ttg segala kesengsaraan kuliah di FK. Dan itu membuatku bimbang LAGI ....

Alasan nya adalah :
1. Ternyata, gedung FK undip ada di deket kariadi. Jarak dari kariadi - rumah ngalian ku : 8 km, jarak dari kariadi - rumahku tembalang : 11 km. Perfect ! Parahnya lagi, ibu ku ga mau nge-kosin aku. Jadi kalo aku bener2 mau masuk FK, aku harus siap2 buat bolak-balik kariadi - rumah ku tembalang setiap waktu. MANTAB ... Aku ga boleh tinggal sendiri di rumahku ngalian, terlalu riskan.

2. Bu Marta, atasan nya ibu ku ternyata seorang dokter. Beliau pernah cerita ke ibu ku kalo hafalan di kedokteran amat teramat banyak. Bahkan, tiap mau ujian, para mahasiswa FK sampe ngrelain buat ga tidur semaleman. Buat dandan (mempercantik diri) aja udah ga sempet. Bahkan suatu hari, pernah ada pertemuan antar mahasiswa dari segala jurusan. Dan mahasiswa yang paling parah penampilannya adalah mahasiswa FK karena ga punya waktu buat dandan. OMG ....

3. Aku harus siap mental, lahir batin. Karena menurut penuturan ibu ku, dosen di FK pada galak2 semuanya. Kalo kamu ngelakuin kesalahan dikit, udah langsung dibentak karena menyangkut kelangsungan nyawa seseorang. Selain itu, ujian para dosen FK, sering ga terprogram : kadang2 dadakan, lisan ataupun tertulis *sesuka hati sang dosen*.

4. Untuk mendapatkan surat ijin praktek, kita harus magang di kariadi sampe lulus (kira2 1,5 taun). Dimana tiap bulan kita harus pindah2 bidang magang : THT - kandungan - anak - penyakit dalam - kulit dan kelamin, bla bla bla. Dan tiap bulan kita harus ujian buat nyatain kalo kita bisa lulus di bidang itu.

5. Sewaktu kita magang, ga tertutup kemungkinan kita bakalan dapet sif malem. Tiap menit kita harus stand by buat nerima berbagai macam pasien. Dan ibu ku berkata : " Nanti mungkin aja kamu disuruh ke kamar mayat sendirian. " * Hahaha, aku bukan orang yang penakut. Jadinya, mungkin itu ga bakalan jadi masalah buat aku. * Abis selesai nanganin pasien, baru kita diperbolehkan buat tidur. Dan kalo tiba2 ada pasien, kita harus bangun lagi. Haduuuhhh, sedangkan aku bukan tipikal orang yg bisa gampang tidur tiap waktu dan dimana aja. Apalagi aku punya penyakit darah rendah, bisa2 ntar aku langsung sakit deh.

Ok ... Itu lah alasan2 yg bikin aku bingung. Aku harus mempertimbangkan nya lagi secara matang2, aku ga mau kalo ternyata pilihan yang aku ambil salah. Jangan sampe kejadian deh.

Semoga Allah memberi petunjuk tentang jalan terbaik untuk masa depan ku. AMIN.

0 komentar:

Posting Komentar