Selasa, 13 Agustus 2013

Sisihkan sebagian Hartamu !

H-2 lebaran, sekeluarga diajakin bapak buat bagi-bagi zakat di desa tempat lahan buat peternakan nya bapak berada. Zakat ini cuma ada 10 paket. 1 paket isinya : beras 5 kilogram, minyak goreng sama gula pasir. Rencana nya 7 paket mau diserahin ke orang-orang desa yang benar-benar membutuhkan (janda-janda tua, orang-orang tua yang udah ditinggal anaknya dan orang nggak mampu lainnya), dan 3 paketnya mau diserahin ke tukang yang ngurus lahan nya bapak.

Ini pertama kalinya aku bagiin zakat secara langsung. Jadi rasanya seneng banget. Nah, akhirnya orang-orang yang udah di list sama bapak udah pada dateng. Mereka bener-bener kasihan banget :(

Ada satu anak sekitar umur 14 tahun dateng buat mewakili orang tua nya. Anak itu ditanyain sama Ibu : “Kamu sekolah kelas berapa?” Dia jawab : “Saya udah ga sekolah”. Deg! Kasihan banget dengernya :(

Terus bapak juga cerita kalo di desa itu juga ada ibu-ibu yang tiap pagi kerjaannya cuma ngumpulin kayu bakar. Penghasilan utama nya ngandalin dari uang kiriman anaknya yang kerja di luar Jawa sedangkan suami nya sakit parah, ga bisa jalan. Masya Allah.

Emang bener ya. Di dalam rezeki yang kita dapat, ada hak orang lain di dalamnya. Di luar sana masih banyak orang-orang yang kurang beruntung yang harus kita bantu. Dan anak-anak yatim piatu, di usia yang masih terlalu kecil, mereka harus berjuang untuk hidup tanpa memiliki siapapun untuk bersandar.

Bapak pernah bilang : “ Kamu mau tau ga, apa tips nya di usia sekarang ini (58 tahun) dengan badan yang ga bisa dibilang kurus, bapak masih sehat walafiat ga kena penyakit apa-apa?”
Aku                          : “Tips nya apa?”
Bapak                      : “Banyak bersyukur, banyak bersedekah, ikhlas dan sabar. Dan inget ya,           berusahalah menjadi manusia yang menjadi bagian dari penyelesaian masalah, bukan menjadi bagian dari masalah itu sendiri (memperumit masalah yang sudah ada).”

Subhanallah. Aku selalu kagum sama Bapak. Semoga kelak calon imam ku juga sama LUAR BIASA nya kaya bapak. Amin.


sumber : google

Dan sejak hari itu, aku bertekad menerapkan sedekah sehari seribu rupiah. Kalo memang terlalu sulit, langsung sisihkan uang 30 ribu rupiah untuk langsung disedekahkan kepada orang yang membutuhkan :)

0 komentar:

Posting Komentar