Kamis, 19 Januari 2012

Ujung dari Penolakan

Huoooo, mau curhat dikit nih tentang GIMANA RASANYA DITOLAK TERUS TERUSAN. Bukan ditolak sama cowok loh, tp ditolak sm organisasi, alias ga lolos seleksi wawancara.

Organisasi pertama adalah IMA. Aku lupa kepanjangannya apa, pokoknya organisasi yg konsen ke masalah marketing2 gitu. Kenapa aku pengen masuk sini? Karena aku pengen merealisasikan impian besarku buat jadi seorang pengusaha sukses. AMIIIN. Nah dalam menjalankan usaha, aku butuh banget ngelakuin taktik pemasaran yg bener2 bisa ngejual. Makanya aku semangat banget buat masuk IMA.

Abis lolos seleksi tahap 1 yg disuruh bikin esai menarik, langsung lanjut ke seleksi tahap 2 yaitu INTERVIEW. Waaaaaa, ini adalah interview pertama loooh. Rasanya grogi gilak! Selesai olahraga langsung capcus ke widya puraya lokasi interview. Bersama teman2 seperjuangan : Vanes sm Dila, kami melakukan interview dg muka yg super kucel, bau kecut semerbak dan sepatu penuh tanah merah stadion. Yup! Kami habis selesai olahraga yg hari itu disuruh lari sejauh 3 kilometer di stadion diponegoro. Supeeeerrr sekali! Sampe lokasi interview langsung capcus wawancara. Ini nih yg bikin speechless, ternyata dikasih kasus juga. Aku disuruh praktek nawarin parfum bekas seharga 17 ribu, buat dijual dg harga 200 ribu. Sungguh mustahil -_____- Yaaaah darisitu feelingnya udh ngerasa ga enak aja. Udah ikhlas kl ga bakalan lolos. Dan ternyata bener! Aku, vanes sm dila ga ada yg lolos. Syalalala~

Organisasi yg ke2 adalah Napsa. Awalnya ga ada minat sama sekali buat ikut organisasi ini, lagian aku jg gatau secara mendetail tentang jenis2 Napsa (Narkotika dkk). Kalo misalnya aku ga ngerti, trus ga bisa jawab waktu interview, ga kebayang kan akan terlihat seberapa begonya aku. Tapi setelah dirayu-rayu sm Vanes, yasudah saya putuskan buat nyoba. Sebelumnya aku mikirin dulu tentang motivasi ikut Napsa, karena dijamin 100% pasti bakalan ditanyain. Dan bener aja, waktu interview ditanyain ttg pengetahuan Napsa dan motivasi, yaaah pertanyaan langganan buat interview seleksi. Akhirnya aku cuma jawab sekenanya aja. Prediksiku sih fifty-fifty deh, setidaknya ga terlalu ngerasa hopeless kaya IMA. Tapi ternyata, SAYA DITOLAK LAGI UNTUK KEDUA KALINYA. Sakit ciiiinn, dalem ciiinnn, ga kuat ciiiinnn. Dari sinilah aku ngerasa : " Kok kesannya ga adil banget ya, buat ngedapetin secuil ilmu aja susahnya minta ampun " HIDUP INI SUNGGUH KEJAM! Hahaha. Tapi gapapa ... Masih inget kata2 ini : ALLAH GA AKAN NGASIH APA YANG KITA INGINKAN, TAPI ALLAH AKAN NGASIH APA YANG KITA BUTUHKAN. Itu adalah kalimat yang selalu aku pegang buat ngasih semangat ke diriku sendiri :)

Okeee ... Sewaktu lagi stres2nya UAS, tiba2 dapet kabar kalo ada oprec KMA. Masya Allah ... Kok gini banget sih? Kan skrg msh UAS :( Sempet ragu mau ikut ato enggak, tapi berhubung kerupuk2 pada ikut, akhirnya aku ikutan juga. Semangat deh semangat! Mungkin ini jalan yg bakalan Allah kasih ke aku, AMIIIN.

Oh iya KMA itu singkatan dari Keluarga Mahasiswa Akuntansi. Ini sama kaya HMJ gitu, cuma kalo KMA tuh HMJnya anak2 akuntansi yg reguler 1. Sedangkan anak akuntansi reguler 2, masuk ke HMJ akuntansi, getoooh.

Selesai UAS mampir ke ruang KMA dulu buat ngambil formulir, terus hari jumatnya dikumpulin. Gatau deh, CVnya tak isi asal2an. Lagi bampet nih otaknya gara2 habis UAS PTE, fufufu. Aku milih divisi Kewirausahaan loooh, tetep yg msh berbau bisnis2 gitu, hehehe. Malemnya langsung dapet kabar kalo divisi kewirausahaan dapet jadwal interview bsk sabtu. Itu tandanya AKU TETEP HARUS KE KAMPUS PADA WAKTU LIBUR! Errrr, males -_- Tapi yaudah deh, jalanin aja dulu. Pokoknya awali dg niat yg baik dan BISMILLAH.

Sekitar jam 9.30 sampe kampus. Dan waktu aku tau kalo ternyata sainganku ada 24 anak, sempet ngerasa shock sesaat. Buset deh. Bayangkan saja, 24 anak yg kepilih cuma 2 orang, ituuu bener2 amazing bgt!

Selama antri wawancara, jantungku rasanya mau copot. Deg2an sekaligus bertanya-tanya : akankah wawancara kali ini akan menjadi penolakanku untuk ke3 kalinya? WE'LL SEE !

Akhirnya giliranku tiba juga. Aku kedapetan pewawancara 2 cewek yg wuuuh canggih bgt, ngasih pertanyaannya ga berenti2 alias dikejar terus sampe titik darah penghabisan. Pertanyaan awal sama seperti interview lain : motivasi, proker, kelebihan diri kamu. Tapi Alhamdulillah kali ini ga ditanyain kasus. Cuma ditanyain tentang masukan bentuk souvenir yg biasanya dijual sama divisi kewirausahaan. Trus aku juga ditanyain tentang pengalaman kewirausahaan dan timbal baliknya antara proker divisi sama bisnis yg bakal aku jalanin. Yaaah aku jawab aja sekenanya. Dan satu hal yg aku syukurin, aku jawabnya lancar, nyante, ga keliatan bego, ga speechless bingung mau ngomong apa. Sekarang tinggal ditunggu aja deh hasilnya.

Hari selasa katanya bakal diumumin siapa2 aja yg lolos. Ngintip di fb KMA, kok ga ada apa2? Berarti di sms mungkin yaa. Eh ternyata kata chandra di twiter udh banyak yg di smsin lolos, dan mereka langsung disuruh ke kampus buat wawancara tahap 2. Okeee saya ikhlas, ini berarti AKU GAGAL UNTUK KETIGA KALINYA. Kali ini rasanya biasa aja, ga terlalu sedih kaya kmrn2. Udah biasa ditolak sih, hehe. Masalahnya adalah : terus aku harus ikut organisasi apa dong? Pengen sih masuk prisma (UKM fotografi), tp setidaknya harus modal kamera yg harganya berjuta-juta. Ga mampu ciiin, mendingan duitnya buat beli yg lain aja deh.

Sekitar jam 2an seperti biasa aku lg tidur siang dengan cantiknya *malesin!*. Tiba2 aja hp ku bunyi. Loh kok nomornya ga dikenal ya? Siapa nih siang2 bolong gini telpon.

Aku : "Halo."
Mbaknya : " Ini Pratiwi Nurul Aini? "
Aku : " Iya. "
Mbaknya : " Dek selamat yaa kamu lolos jd pengurus KMA divisi blablabla. "
Aku : " Hah? " *masih setengah sadar gara2 baru bangun tidur*
Mbaknya : " Iya dek km lolos, besok minggu ada kumpul ya di pkm. "
Aku : " Oh ya mbak, ini udah lolos atau masih ada seleksi lagi? "
Mbaknya : " Udah lolos kok dek. "

Langsung deh loncat2 seneng. Ngantuknya hilang seketika. Aaaaa, Alhamdulillah banget. Bener2 diluar dugaan. Padahal tadi pagi udah ikhlas dan ga kepikiran KMA lagi, tiba2 siang ini dapet kabar kalo lolos. Seneng deh. Terima kasih Ya Allah :D

Hpku bunyi lagi. Loh kok dari nomer yg tadi? Jangan2 habis ini mbaknya bilang : " Maaf dek salah telpon, kamu sebenernya ga lolos. Tadi aku salah orang. " MAMPUS DEH!

Aku : " Halo? "
Mbak : " Dek, kamu tadi tak kasih tau masuk divisi apa? "
Aku : " Kewirausahaan kan? "
Mbak : " Oh ya udah, bener dek. Makasih yaa."

-____- Fiuuuh lega, ternyata dugaanku salah.

Ternyata bener yaa, kalo mau sukses tuh jangan pernah takut untuk terus mencoba. Setidaknya gara2 aku sering ikut interview seleksi (walaupun ujung2nya ditolak), aku jadi tau pertanyaan2 apa yg biasanya jd langganan waktu interview. Jadinya lama2 udah ga terlalu grogi waktu pelaksanaan interview nya.

0 komentar:

Posting Komentar