Rabu, 23 November 2011

PRA-ECHA (Economic Charity Act)

Ini kegiatannya kayanya bakalan seru abis. Kita disana ngelakuin pengabdian masyarakat lewat kegiatan2 sosial yg totalnya ada 5 : pasar murah, ngajar SD, papanisasi, pengobatan gratis sm penyuluhan. Intinya kita harus ikhlas melayani masyarakat desa disana. Persiapan2nya rada ribet sih, tapi sumpret asli asik banget. Seru2an sm kak Zen korkel kelompokku, dongkol2an sm kak Arif korkel klmpkku jg, sm yg pasti seru2an sm temen satu kelompok.

Senin, 14 November 2011
Pembagian kelompok udah ditempel di selasar pkm. Alhamdulillah banget aku, vanes, chandra sm arfi sekelompok loooh. Asik asik asik. Kayanya kami udh ditakdirin buat bersama-sama terus ya, haha. Byk temen2 yg ngiri jg looohh, pasti pd komentar : " Eh kalian satu kelompok? Kok bisa sih? Curang! "

Dan ternyata teman2 ... Kak arif orgnya rebyek bgt, serius deh. Heboh bgt nge-smsin smua anggota klmpk, tapi waktu ketemu ternyata orgnya ga secerewet di sms -_-

Sekitar jam 4 kumpul di pkm. Yg dateng ternyata dikit doang, dan kami sempet syok wktu diberitau kl yg udh fix ikut cuma 10 orang! Bayangkan teman2 ... Bakalan se-krik2 apa nantinya wktu nyanyi yel2. Fiuuuh. Trus kita bagi tugas buat perlengkapan klmpk yg jumlahnya lumayan bejibun. Kebanyakan sih perlengkapan buat kemah gitu. Iyalaaaah, ntar kan kita disana tidurnya di tenda, bukannya di rumah2 warga. Horeeeee, asik deh ya, udh lama bgt aku ga pernah kemah :D Oh ya diantara 5 kegiatan pengabdian, kami disuruh milih salah satu. Aku sm arfi milih pengobatan gratis, ga tau kenapa aku pengen bgt. Kayanya jiwa sosialnya lebih ngena aja rasanya. Hwehehe. Kalo Chandra - Vanes - Aji milih buat ngajar TK / SD, ini bener2 impiannya Chandra dari dulu. Aku ga bs ngebayangin seorang Chandra yg dpt julukan anak TK, ngajarin segerombolan anak2 TK. Hahaha *pis Chan :p*. Kl Steve kebagian pasar murah. Sebenernya aku disuruh pasar murah aja soalnya cewek, tapi ga mau ah, kayanya ga ada gregetnya.

Jam 5 ternyata ada pembekalan dari BEM. Disini kami diberitau tentang butuhnya keseriusan buat ngikutin acara ini. Kami bener2 harus ikhlas buat ngelakuin semua kegiatan2 sosial itu, karena ini bukan buat main2. Trus kami dikasih tau tentang Peje (penanggung jawab) masing2 kegiatan pengabdian itu, dan ternyata peje buat pengobatan gratisnya adalah Kak Zen !! Korkelku yg dari kmrn belum menongolkan diri gara2 sakit cacar. Dia muncul dg penampilan yg super misterius : pake jemper merah + tudungnya, trus pake masker beserta celana panjang. Dugaanku saat itu adalah : dia orangnya cakep. Tapi ternyata setelah semua atributnya dibuka (re : tudung jamper, masker, dll) ternyata biasa aja, wkwk. Lol !

Selesai pembekalan kami kumpul bentar buat ketemu sm kak Zen yg dari kmrn blm nongol. Dan taraaaaa, waktu dia muncul aku langsung jaga jarak sm Kak Zen. Aku belum pernah kena cacar sampe pecah wew, ga lucu dong kl oleh2 echa ini adalah penyakit cacar -__-

Langsung capcus buat solat maghrib dulu. Kami solat di selasar PKM. Eeeee, waktu mau wudlu aku liat Vario lagi nongkrong di bawah tangga pkm. Pertanyaanku adalah : Emang dia ga solat? Waktu solat di selasar pkm, aku ketemu nia. Dia sekelompok sama vario loh Echanya, aaaaaa iri! Nia cerita kalo Vario itu NGEROKOK !! Shock berat deh ! :(

Abis solat, kami disuruh kumpul sesuai kegiatan pengabdian masing2. Waktu kumpul, ternyata lumayan banyak juga ya yg pengobatan gratis. Ada maya, anda, sm alfi juga. Pembekalan kali ini cuma disuruh absen doang. Nanti katanya mau dijarkomin.

Abis itu langsung pulang, ibu udah heboh sms sama telpon terus. Yaiyalah, ini pertama kalinya aku pulang malem loh. Sampe rumah udah jam setengah 8. Ternyata jalan perkampungan di rumahku msh rame bgt. Alhamdulillah yah :)

Selasa, 15 November 2011
Kumpul kelompok lagi di PKM. Kali ini kedatangan satu anggota baru lagi nih, namanya Yona. Yang bikin bingung adalah : Kak Arif tiba2 aja ngilang ga tau kemana. Di sms sm di telponin ga bisa, hpnya mati. Buset dah, terus nasib klmpk kami gimana doooong?! Untung aja ketemu sm Kak Zen, akhirnya kami dipimpin sama dia. Tapi tetep doooong, AKU HARUS JAGA JARAK! Ga mau deh kena cacar. Waktu mastiin pembagian tugas, Kak Zen lucu bgt loh. Masa dia mutusin sendiri, tanpa basa-basi babibu langsung aja nunjuk orang. " Oke, kamu bawa pasak ya. " " Tali pramuka tiap orang bawa. " " Kamu belum bawa apa2 kan? Bawa trashbag! " Sumpret dia tuh rempong bgt, tapi tuh lucuuu bikin kami ketawa. Lah kalo Kak Arif tuh rempongnya bikin sebel, kagak ada lucu2nya sama sekali -__-

Sekitar jam 5 ada pembekalan lagi di bunderan PKM. Biasalah nerangin macem2. Abis selesai pembekalan kami solat dan dilanjutin kumpul masing2 kegiatan pengabdian. Hari ini Arfi ga berangkat, alhasil aku ikut pembekalan sendirian. Eeeehh aku dapet temen namanya Rosalia, orangnya lucu bgt loh, hwehehe. Sampe di ruangan kami dibagi buat ke desa mana dan pos mana. Jadi kami dibagi 2 desa : Canggal sm Tegalrejo. Nantinya kami dibagi lagi mau kerja di pos mana. Ada banyak pos sih : Registrasi (HARUS bisa bahasa jawa kromo), tensi (aku ga bs nensi -.-), pembagian obat, runner (nyalurin kartu registrasi ke masing2 pos), keamanan, ramah tamah (wajib bisa bahasa jawa!). Aku kebagian desa Canggal bareng Alfi, Anggi, Rosalia, Sulaiman, Mareta, Intan sm dll. Buat posnya, aku milih di pembagian obat. Hwehehehe.

Abis kumpul masing2 kegiatan, kelompokku kumpul sebentar sebelum pulang. Kami mutusin buat belanja sembako bareng hari Rabu. Okeh deh, siap. Langsung capcus pulang, sampe rumah jam 8 dan jalanan di UNDIP sepiiiii banget. Gara2 saking takutnya, aku sampe komat-kamit baca Al-Fatihah sepanjang perjalanan. Haha.

Rabu, 16 November 2011
Paginya aku udah nyiap2in bawa perlengkapan kelompok. Bayangkan teman2, bener2 repot ngebawa tiker dg menggunakan motor! Susah bgt deh serius -.- Selain tiker, aku disuruh bawa sekop (buat bikin parit) sama tali pramuka.

Abis selesai kuliah, aku, chandra, vanes, arfi pergi belanja sembako di Indomaret. Kalo vena sm reza hanung dapet tugas belanja perkap lainnya : tali pramuka, trashbag sm tongkat pramuka. Naaah keluarlah jiwa ibu2 waktu belanja sembako sm konsumsi kelompok. Menimbang-nimbang harga buat milih yg paling murah :p Eh ternyata di indomaret ga ada minyak goreng 1 kg sama beras 3 kg, terpaksa kami harus nyari toko kelontong biar bisa beli eceran. Naaaah masalahnya kami ber4 kagak ada yg tau toko kelontong yg ada di tembalang -_- Trus vanes akhirnya ty temennya yg asli orang tembalang. Hahaha, ternyata nyari toko kelontong tuh lumayan ribet yaaah. Ckck.

Sorenya kami kumpul lagi seperti biasa. Hari ini adalah pembekalan terakhir, soalnya hari kamis tim pendahulu udah harus berangkat ke Jumprit, temanggung duluan. Mereka dapet tugas buat nyiapin tenda plus nyiapin semuanya. Dari kelompokku ngirimin 3 tim pendahulu : Kak Arif, Vena sm Reza Hanung. Buat yang lainnya baru berangkat hari Jumat.

Jam 4 kumpul di pkm. Waktu aku dateng ternyata udh pd kumpul semua. Tumben2 amat ini kak Zen ikutan kumpul -.-" Eeeh ternyata dateng lagi anak baru, namanya Opik (dia cewek loh, bukan cowok :p). Oh ini to yg kmrn di ceritain kak Zen.

Kak Zen : " Kita ada tambahan anggota lagi lho. "
Aku : " Kok bisa? "
Kak Zen : " Ada cewek sms aku, dia katanya udh daftar echa tp belum dapet kelompok. "

Buset dah, berasa jd orang beken aja nih di sms sm cewek ga dikenal -____-

Semua bon belanja dikumpulin dan ditotal, trus kami iuran masing2 8ribu. Eh korkelnya ikut iuran loh, tp Kak Zennya malah bilang ke Chandra : " Aku gampang ya Chan? " Itu mah namanya modus ga mau ikut iuran, wkwk. Agenda hari ini adalah bikin yel2 kelompok, berhubung kami kelompok 2 dan milih pahlawan Antasari (masing2 kelompok suruh milih nama pahlawan), jadi harus ada kata2 Antasari di dalem yel2nya. Aji sebenernya udah bikin yel2, tapi pada belum setuju semuanya. Akhirnya yel2nya dibuat PR deh.

Seperti biasa pembekalan BEM lagi. Abis itu dilanjut solat maghrib dan kumpul masing2 kegiatan pengabdian. Menurut jadwalnya sih, hari ini pengobatan gratis bakalan dikasih pengarahan langsung dari dokternya, tapi aku ngerasa ga yakin deh. Secara, biasanya tuh bakalan susah bgt buat janjian sm orang sibuk kaya gitu. Dan dugaanku bener aja, dokternya kagak bisa dateng -__- Yang kedapetan bagian tensi terpaksa harus diajarin otodidak sama panitia2 senior. Nah yg rada ribet nih bagian obat. Masnya aja masih bingung ntar sistem pembagian obatnya kaya gimana, lah kita yg diterangin malah jd ikutan bingung deh. Alamaaaaaak.

Setelah selesai, aku sama arfi jalan bareng ke parkiran. Dan anda tau sodara2 ? Ternyata kunci motorku ga ada di tas. Berarti tadi ketinggalan di motor dong ?!! Kalo emang kuncinya diambil orang iseng, knp motornya ga diambil sekalian aja ? Berarti kemungkinan satu2nya adalah kuncinya udah diambil sm security. Langsung deh aku sm arfi capcus ke tempat security.

Aku : " Pak ada kunci ketinggalan ga? "
Security : " Oh tinggal ini mbak. "
Aku : " Oh iya pak bener, makasih ya. "

Fiuuuh, lega deh. FEB emang aman dah, tidak perlu diragukan lagi, wkwk. Sampe rumah sekitar jam setengah9, malem banget ya, bener2 rekor nih!

ECHA : cooming soon.
ECHA 2011 : pengalaman baru, teman baru, pelajaran baru, dan mecahin rekor baru selama 3 hari ga mandi :D
Seruuuuuuu, mau lagi dong!!! :3 Dijamin nyesel yg enggak ikut!!

0 komentar:

Posting Komentar