Kamis, 15 Agustus 2013

Sukses dan Usaha

Sewaktu lebaran ketemu banyak saudara dan alhasil mendengarkan banyak cerita. Ada sepupu yang udah dapet kerjaan, tapi gajinya kecil. Ada yang sampe sekarang belum dapet kerjaan yang sreg, dan akhirnya ber wirausaha. Ada juga yang udah dapat kerjaan di perusahaan yang terbilang WOW dengan gaji fantastis. Banyak cerita dari nasib orang yang berbeda-beda.

Nasib? Bukan hanya ditentukan dari takdir semata. Ingat : Man Jada Wa Jada, siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil. Allah akan merubah nasib hamba Nya, jika dia mau berusaha dan bekerja keras. Setiap manusia di bumi ini, mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk SUKSES. Yang membedakan dari tiap-tiap individu adalah USAHA yang dia lakukan untuk mencapai SUKSES itu. Ya, tidak ada hal yang tidak mungkin jika seseorang mau berusaha untuk mencapai yang dia inginkan.

SUKSES. Definisi sukses bagi ku adalah : bisa mencapai apa yang telah ditargetkan dari awal. Target yang aku buat sudah disesuaikan dengan hasil maksimal yang bisa aku raih dengan mengerahkan semua kemampuanku. Mungkin saja orang lain telah menetapkan target yang jauh lebih tinggi daripada target yang telah aku buat, aku tidak peduli dengan mereka karena hanya aku lah yang mengerti diriku sendiri.

USAHA. Usaha menurutku bukan hanya melalui hal yang bisa dilihat secara kasat mata, tapi juga usaha untuk memohon kemudahan dan ke-ridhoan Allah dari apa yang akan kita lakukan. Manusia hanya bisa merencanakan, tetaplah Allah yang nantinya akan memutuskan hasil akhirnya.

Dunia Kerja. Ibu bilang, ketika kamu mencari pekerjaan, modal yang kamu perlukan adalah bekal akademik dan juga BEJO (nasib baik). Nah, kalo masalah bejo, setiap orang pasti menginginkannya, tapi apa yang bisa kita lakukan? Bejo bukanlah hal yang bisa kamu beli dengan uang, tidak bisa kamu genggam dengan tangan dalam hitungan detik, tapi bejo adalah RIDHO ALLAH : ridho, kesempatan yang tak terduga-duga yang Allah berikan kepada bukan sembarang orang. Itu juga yang ingin aku peroleh, kemudahan, bantuan dari Allah yang diberikan kepada kita pada waktu yang tak terduga-duga. Lalu bagaimana aku memperolehnya? Dengan usaha, usaha untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah MULAI DARI SEKARANG, memohon kelancaran untuk segala hal di masa depan (kuliah, skripsi, kemudahan untuk mendapat pekerjaan yang layak, lancer jodoh). Sadarlah, di masa depan kamu sudah tidak bisa bersandar kepada siapapun, bahkan orang tua mu tidak bisa membantu apapun, hanya Allah yang bisa menolong kita, mempermudah dan memperlancar segala jalan kita, Insya Allah.

Akhirnya, aku menuliskan beberapa usaha yang harus aku lakukan mulai dari sekarang dan juga target yang ingin aku capai. Semua itu aku tulis di buku Super ku : note book yang aku dapat waktu seleksi Djarum Beasiswa Plus. Buku yang memiliki sejarah sendiri dan terdapat semangat di dalamnya, semangat yang timbul dalam setiap tahap seleksi Djarum Beasiswa Plus :)

Beberapa usaha akan aku lakukan terutama dalam hal untuk meningkatkan ibadah : mulai rajin solat tahajud, solat dhuha, solat hajat, ga molor2 lagi buat solat 5 waktu (diusahain maks setengah jam sesudah adzan), puasa senin-kamis, perbanyak sedekah.

Target masa depan : lulus dengan IPK kumlot min 3,8 (AMIN), jadi akuntan publik di salah satu BUMN yaitu PGN atau pertamina, semoga bisa dapet pekerjaan maksimal 6 bulan setelah lulus, ngumpulin uang buat ambil S2, jadi wirausahawati sukses. AMIN YA ALLAH :”)


Yuk lah semangat. Semoga usaha-usaha itu akan terus aku lakukan sampai titik darah penghabisan, bukannya loyo dan berhenti di tengah jalan. Jalan kita masih panjang, cuma Allah yang bisa bantu kita, bukan orang lain. Mulai lah usaha dari sekarang, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali kan? :D

0 komentar:

Posting Komentar